Yulia Tarasenko diangkat sebagai presiden sementara badan atletik Rusia

Yulia Tarasenko diangkat sebagai presiden sementara badan atletik Rusia pada Sabtu (23 November) menyusul penangguhan kepala sebelumnya Dmitry Shlyakhtin oleh World Athletics.

Yulia Tarasenko diangkat sebagai presiden sementara badan atletik Rusia

Judi – Tarasenko, direktur olahraga RUSAF dan kepala federasi atletik St Petersburg, segera memastikan untuk meyakinkan para atlet Rusia bahwa dia akan memperjuangkan pojok mereka.

“Kami tidak dalam suasana hati yang sangat gembira, situasinya sangat sulit di federasi, tetapi kami pikir ada peluang untuk berjuang demi federasi,” katanya.

“Kami mewakili atlet dan mereka seharusnya tidak menderita,” kata presiden baru yang bertindak Tarasenko kepada wartawan.

Tarasenko dipilih dari tiga kandidat setelah Dmitry Shlyakhtin mengundurkan diri dari jabatan presiden RUSAF.

Krisis atletik Rusia semakin dalam setelah putusan Kamis oleh Unit Integritas Atletik dari badan pengelola global World Athletics, yang menunda proses pemulihan kembali Rusia dan menuduh RUSAF menghalangi penyelidikan terhadap pelompat tinggi Danil Lysenko.

Saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan RUSAF dan menangguhkan ketentuan yang memungkinkan Rusia untuk bersaing sebagai atlet netral, tetapi untuk saat ini menunggu keputusan oleh badan anti-doping dunia pada 9 Desember tentang apakah akan memberi label Rusia tidak patuh.

Pelatih kepala atletik Rusia Yury Borzakovsky mengatakan Sabtu bahwa tujuan utama RUSAF adalah untuk “melindungi para atlet dan pelatih mereka, sehingga mereka terus mempersiapkan diri untuk Olimpiade dan bersaing di sana.”

“Dalam status apa masalah yang berbeda,” katanya.

Beberapa atlet Rusia yang vokal telah menyatakan frustrasi dengan federasi dan menuduh pihak berwenang menyakiti atlet yang bersih dengan menyeret kaki pada reformasi yang diperlukan.

“Atletik kami dalam kesakitan. Kami telah kehilangan empat tahun. Atlet yang bersih masih rentan dan tidak yakin apakah mereka akan mendapatkan kesempatan untuk bersaing,” tulis juara dunia lompat tinggi Maria Lasitskene dalam permohonan Instagram yang ripping kepada olahraga Rusia. menteri jumat.

Lasitskene, yang telah meminta Shlyakhtin untuk mundur berulang kali selama beberapa bulan terakhir, mengatakan kepada agensi TASS pada hari Sabtu bahwa ketua atletik baru Tarasenko bukanlah solusi.

“Shlyakhtin diubah menjadi Shlyakhtin,” katanya. “Tarasenko adalah yang ditunjuk Shlyakhtin dan harus segera keluar dari federasi.”

Lasitskene mengatakan keputusan Sabtu hanya akan memperdalam krisis dan federasi seharusnya memilih wajah baru dengan sikap anti-doping yang jelas dan tidak ada koneksi ke manajemen sebelumnya.

“Selamat untuk semua yang mendorong penunjukan ini. Kerja bagus, operasi untuk melemahkan atletik Rusia hampir selesai.”